"PLAGIAT".,,identik dengan menzolimi diri sendiri !!!. Diberdayakan oleh Blogger.

heubring euyy.....

heubring euyy.....

Cari Blog Ini

RSS

SISTEM MANAJEMEN ISO PT. XYZ





SISTEM MANAJEMEN
PT. XYZ


1.        RUANG LINGKUP SISTEM MANAJEMEN
PT. XYZ telah menerapkam Sistem Manejemen Mutu dan LK3 berdasarkan ruang lingkup atau rencana bisnis yang berjalan pada saat ini untuk menjamin bahwa kebijakan perusahaan berjalan efektif dan persyaratan standart ISO / TS 16949 ; 2009 serta ISO 14001 ; 2004 telah terpenuhi. Sistem dokumentasi menjamin kesesuaian sistem terhdap persyaratan pelanggan dengan standart ISO/ TS 16949 ; 2009, ISO 14001 ; 2004 serta Astra Grean Company maupun Astra Friendly Company.
Adapun Ruang Lingkup Sistem Manajemen Mutu dan LK3 PT. XYZ, adalah:
“Perusahaan Komponen/ Stamping Body dan Chassis Otomotif”.

2.        DOKUMENTASI SISTEM MANAJEMEN
PT. XYZ telah menetapkan kebijakan untuk dokumentasi Sistem Manajemen Mutu dan LK3 dengan tujuan:
a.    Menjamin bahwa semua dokumen (intenal dan eksternal) di PT. XYZ tetap terkontrol.
b.    Sebagai bukti telah diterapkannya Sistem Manajemen Mutu dan LK3.
c.    Manjadikan sebagai pusat informasi yang digunakan selama peningkatan/ perbaikan proses dan produk.

PT. XYZ telah membuat Sistem Manajemen Mutu dan LK3, yang didoumentasikan sesuai dengan ruang lingkup proses, kompleksitas proses, dan kompetensi personal.
Sistem dokumtasi terdiri dari:
Dokumen Level 1   :      
Adalah Sistem Manajemen, Kebijakan Perusahaan, yang mendeskripsikan kebijakan dari setiap aktivitas proses dan interaksi antar proses dalam suatu Sistem Manajemen   Mutu dan LK3.
Dokumen Level II   :     
Adalah Prosedur, serta Control Plan yang mendeskripsikan rangkaiana aktifitas proses dan siapa, apa, dan kapan aktifitas dilaksanakan.
Dokumen Level III :      
Adalah instruksi kerja yang mendeskripsikan tentang petunjuk bagaimana aktifitas dijalankan seperti: instruksi kerja, drawing, form, ruang lingkup, bisnis proses, dll.

3.        KEPUASAN PELANGGAN
PT. XYZ telah merencanakan dan membuat produk sesuai dengan permintaan dan peraturan pelanggan. PT. XYZ memastikan bahwa persyaratan pelanggan telah dimengerti sebelum dimulainya sesuatu proses produksi mancakup:
a.    Kebutuhan/ permintaan pelanggan untuk produk yang akan dibuat.
b.    Kualitas yang diutuhkan.
c.    Dll
       PT. XYZ dalam menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO/ TS 16949. Tetap memusatkan
perhatian pada pemenuhan Kepuasan Pelanggan, serta mengevaluasi kinerja perusahaan
berdasarkan penilaian pelanggan.

4.        KEBIJAKAAN DAN SASARAN MUTU
Top Manajemen dan mengembangkan Sistemm Manajemen Mutu dan mengembangkan Sistem Manajemen Mutu dan LK3 (ISO 16949 ; 2009, ISO 14001 ; 2004, Astra Green Company, dan Astra Friandly Company), Serta menyampaikan komitmennya kepada seluruh karyawan dengan mensosialisasikan melalui atribut, ID-Card, dan pembacaaan Kebijakan Perusahaan pada saat apel pagi.
Penjelasan kebijakan perusahaan untuk karyawan baru diberikan melalui traning pada saat masuk ke perusahaan (On The Job Training).

5.        TINDAKAN PERBAIKAN
PT. XYZ telah menetapkan tindakan perbaikan bila ditemukan ketidak sesuaian dalam Sistem Manajemen, untuk mencgah terulangnya kejadian. Tindakan yang diambil memadai sesuai dengan efek yang ditimbulkan.
PT. XYZ menetapkan prosedur yang terdokumentasi untuk:
a.    Mereview ketidak sesuaian (Customer Claim / Kebijakan K3.
b.    Menetapkan penyebab ketidak sesuaian.
c.    Mengevaluasi rencana tindakan untuk menjamin ketidak sesuaian terulang.
d.   Menetapkan dan mengimplementasikan tindakan yang dibutuhkan.
Tindakan perbaikan dilaksanakan dengan memperhatikan:
a.    Prioritas terhadap metode anti kesalahan
b.    Metode pemecahan masalah dengan menggunakan format pelanggan
c.    Tindakan perbaikan terhadap produk dan proses yang sejenis
d.   Menganalisa part yang direject oleh pelanggan, engineering penjual
e.    Meminimalkan waktu untuk proses analisa
f.     Penyimpanan record sesuai permintaan

6.        TINDAKAN PENCEGAHAAN
PT. XYZ telah menetapkan tindakan pencegahaan yang sesuai dengan efek yang ditimbulkan dari potensi kegagalan untuk menghilangkan penyebab dari potensi kegagalaln untuk menghilangkan penyebab dari potensi kegagalan dengan tujuan untuk mencegah ketidak sesuaian  itu terjadi. Bila memungkinkan dapat dilakukan tindakan pencegahan untuk menghilangkan potensi masalah guna mencegah pengulangan dengan analisa data. Definisi, metode, tanggung jawab dan dokumentasi harus tertulis dalam prosedur Tindakan Pencegahan.

7.        PERBAIKAN BERKELANJUTAN
PT. XYZ menetapkan perbaikan berkrlanjutan untuk keefektifan dari Sistem Manajemen Mutu dan LK3, dengan pencapaian kebijakan perusahaan, sasaran mutu, hasil audit, analisa data, tindakan perbaikan & pencegahan dan manajemen review. Detail aktifitas, metode, tanggung jawab dan dokumentasi harus didefinisikan secara tertulis dalam Prosedur Berkelanjutan.

Berikut ini salah satu prosedur yang diterapkan sekaligus dilakukan di PT. XYZ berdasarkan sistem ISO/ TS 169949, ISO 14001, ASTRA GREEN COMPANY.

PROSEDUR
PREVENTIVE ACTION
(TINDAKAN PENCEGAHAN)

1.        Tujuan
Mengatur tata cara untuk menanggulangi dan mencegah masalah yang mencangkup produk, proses kerja, keselamatan, keamanan serta Sistem Mutu dan LK3. Dengan mengidentifikasi Potensi Masalah sehinggga tidak berkembang menjadi masalah.

2.        Ruang Lingkup
Mencangkup tindakan pencegahan terhadap indikasi masalah-masalah antara lain, masalah manajemen, sistem mutu, proses kerja, produk, keamanan, keselamatan dan lain-lain.

3.        Definisi
Preventivi Action (Tindakan Pencegahan) : Tindakan yang dilakukan untuk menghilangkan penyebab dari potensi ketidak sesuaian atau situasi yang tidak diinginkan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya masalah.
Mistake Proofing Methodology : Bila dapat diterapkan, setiap tindakan perbaikan / pencegahan (Corective / Preventive Action) harus mengacu pada metode anti salah / pokayoke sehingga masalah yang sama dapat dicegah untuk terjadi lagi.

4.        Referensi
ISO/ TS 16949, ISO 14001, ASTRA GREEN COMPANY.




Flow / Diagram Alir Prosedur Tindakan Pencegahan






           






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar